Beranda Berita FKIP LAKSAMANA GELAR PELATIHAN JURNALISTIK UNTUK MAHASISWA

LAKSAMANA GELAR PELATIHAN JURNALISTIK UNTUK MAHASISWA

0

Senin (8/4/19) Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Laksamana Magazine mengadakan Pelatihan Karya Tulis dengan tema “Peran Mahasiswa sebagai Agent Of Change melalui goresan tinta” pelatihan ini bertempat di ruang serba guna Rektorat, Dompak. Ada 17 orang peserta yang mengikuti pelatihan jurnalistik ini. Acara berjalan dengan baik meskipun waktu acara dimulai tidak sesuai dengan yang direncanakan. Seharusnya acara dimulai pukul 08.00 WIB karena adanya kendala maka acara dimulai 09.00 WIB.

Ketua ukm Laksamana, Andika Nur Hardianto menjadi mc dalam pelatihan ini. kegiatan ini dibuat untuk meningkatkan motivasi mahasiswa dalam menghasilkan sebuah karya tulis. Ini dilakukan karena melihat minat mahasiswa yang masih kurang dalam hal menulis. mahasiswa diharapkan menjadi agent of change ditengah-tengah masyarakat dan dengan adanya kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat menjalankan perannya sebagai agent of change melalui tulisan-tulisan.

Selanjutnya, kata sambutan pertama disampaikan oleh pembina UKM Laksamana, Eka Ramdani. Beliau berharap melalui pelatihan ini dapat menambah ilmu bagi peserta. “saya mengapresiasi acara ini dan harapan saya kedepannya mahasiswa menjadi lebih rajin menulis”.
Wakil dekan I, Erwin Pohan turut mengapresiasi kegiatan ini, beliau juga menyampaikan mahasiswa dapat berproses dalam menghasilkan sebuah tulisan dan menjadi agen perubahan melalui tulisan. “Tulis apa yang dibaca, lakukan apa yang kalian tulis. Saya harap kegiatan ini tidak berhenti disini. saya berharap setelah dari kegiatan ini peserta dapat menghasilkan setidaknya sebuah tulisan. kita harus bisa memanfaatkan kerjasama dengan media-media untuk mempublish hasil tulisan kita karena tujuan dari menulis adalah untuk ditujukan kepada pembaca. kita pandai menulis tetapi tidak ditunjukkan kepada orang lain maka orang tidak akan tahu” Ujarnya.

Ketua AJI Tanjungpinang, Jailani sebagai pemateri dalam kegiatan ini menyampaikan materi singkat tentang jurnalistik. “Jurnalistik berasal dari kata du jour yang berasal dari bahasa perancis yang berarti catatan harian. jurnalistik adalah sebuah ilmu terapan oleh karena itu kita harus menerapkan ilmu-ilmu jurnalistik.” ucap Jailani ketika menyampaikan materi. Jailani turut bercerita mengenai pengalamannya didunia jurnalistik serta memberikan gambaran bagaimana dunia jurnalistik tersebut.

Setelah penyampaian materi, Jailani menginstruksi peserta untuk membuat berita tentang kegiatan ini sebagai bentuk praktik menulis karena menurutnya dalam Jurnalistik sekadar teori saja tidak cukup. kemudian pemateri membagi peserta kedalam dua kelompok untuk membuat berita tentang kegiatan ini, terlihat diruangan para peserta antusias dalam membuat berita yang di intruksikan oleh Jailani. Setelah peserta selesai membuat tulisan, hasil tulisan peserta akan dikoreksi bersama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here